Friday, March 20, 2015

#VB.1.1 - Instalasi Visual Studio Community 2013

Instalasi Visual Studio Community 2013


Beberapa waktu yang lalu Microsoft telah mengumumkan bahwa telah disediakan Visual Studio versi dengan fitur lengkap dalam edisi gratis. Microsoft benar-benar telah memastikan untuk melakukan open source .net Framework lengkap yang dikemas dalam Visual Studio Community 2013 dan yang paling menggembirakan pada kita adalah edisi tersebut mempunyai fitur IDE lengkap dan gratis.

Tidak ada batasan untuk menggunakannya untuk mengembangkan semua jenis aplikasi yang tersedia dalam Visual Studio Community 2013, kecuali anda tidak dapat menggunakannya untuk suatu perusahaan besar dengan tim lebih dari 5 orang. Visual Studio Community 2013 difokuskan untuk bisa digunakan terutama kepada pengembang individu, siswa, penggemar, dan tim pengembangan kecil (maks 5 pengguna).

Persyaratan sistem yang diperlukan untuk menginstal Visual Studio Community 2013 kedalam PC anda adalah:

Sistem Operasi yang bisa digunakan
Windows 8.1 (x86 and x64)
Windows 8 (x86 and x64)
Windows 7 SP1 (x86 and x64)
Windows Server 2012 R2 (x64)
Windows Server 2012 (x64)
Windows Server 2008 R2 SP1 (x64)

Kebutuhan Hardware
1.6 GHz or processor yang lebih cepat
1 GB of RAM (1.5 GB jika menggunakan virtual machine)
20 GB of available hard disk space
5400 RPM hard disk drive
DirectX 9-capable video card dengan resolusi minimal 1024 x 768

Pada tutorial ini kenapa saya menggunakan Visual Studio Community 2013, karena saya berharap anda semua dapat bisa langsung mencoba sendiri tanpa harus membeli Visual Studio yang berlisensi, jadi anda cukup download dan instal lalu anda siap untuk belajar dalam mengembangkan kemampuan anda dalam pemrograman khusunya Visual Basic.

Sebelum kita mulai instalasi tentu anda harus sudah mempunyi Visual Studio Community 2013 setup, jika belum anda bisa melakukan download di Link Download Visual Studio Community 2013 ini (versi intalasi online), jika anda menginginkan file instalasi yang offline, anda bisa mencari di internet, salah satu alamat yang menyediakan tersebut dapat anda download disini dalam bentuk DVD9 ISO image.

Baiklah, berikut ini langkah-langah dalam melakukan instalasi Visual Studio Community 2013.
  • Jalankan file (dobel klik) vs_community.exe dan tunggu sampai muncul splash intalasi Visual Studio Community 2013, seperti tampak dalam gambar dibawah ini:
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Setelah tertampil dialog mulai instal seperti gambar di atas, anda centang checkbox "I agree" lalu akan muncul tombol Next di sebelah kanan bawah, selanjutnya anda klik untuk melanjutkan pilihan instalasi.
  • Selanjutnya akan tampil dialog untuk menentukan opsi fitur yang akan anda instal, pilih sesuai dengan kebutuhan anda seperti tampak dalam gambar berikut ini:
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Klik tombol INSTALL, lalu tunggu sampai proses instalasi selesai (memerlukan waktu yang agak lama).
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Kemudian setelah muncul tampilan dengan pesan "Setup Completed!", berarti anda telah selesai melakukan intalasi dan program siap untuk digunakan. Lakukan restart PC anda untuk mengaktifkan seluruh komponen Visual Studio denan klik tombol "Restart Now".
  • Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Selanjutnya untuk pertama kali anda menjalankan program Visual Studio Community 2013 akan muncul layar "Welcome", maka anda harus melakukan Sign in, dengan menekan klik tombol tersebut, kemudian masukkan Microsoft account (email) dan Password.
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Jika anda belum mempunyai account/akun, maka anda harus melakukan pembuatan akun terlebih dahulu dengan klik tanda Sign up now (warna biru laut).
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Setelah anda melakukan Sign in, selanjutnya anda sudah siap untuk bisa menggunakan Visual Studio Community 2013.
    Instalasi Visual Studio Community 2013
  • Terakhir, bahwa Visual Studio Community 2013 ini adalah free trial 30 hari, untuk melakukan register secara gratis anda cukup Sign in ke Visual Studio dengan account Microsoft dan Microsoft mendaftarkan produk anda dan Visual Studio Community 2013 telah teregister dan siap digunakan (seperti yang dilakukan pada langkah yang ke 7). Selamat mencoba!.

Tutorial Sebelumnya | Tutorial Berikutnya

1 comment:

  1. Sedang dipersiapkan untuk tutorial Visual Basic dan VB6, tetaplah bersama kami.

    ReplyDelete