Tuesday, March 10, 2015

Remote Shutdown Windows

Jika kita bekerja dalam sebuah jaringan komputer, tentu semua pekerjaan diharapkan dapat dilakukan secara online, seperti share folder, aplikasi database terintegrasi, remote desktop, bahkan anda bisa melakukan Remote Shutdown. Apalagi jika anda bekerja sebagai IT dalam sebuah perusahaan besar dengan jumlah komputer yang terkoneksi dalam jaringan sangat banyak, lokasi jauh atau bahkan terkoneksi dengan internet, maka hal ini sangat menguntungkan jika digunakan.

Dalam windows terdapat fasilitas aplikasi shutdown secara jarak jauh (Remote Shutdown) dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut:
  • Jalankan Command Prompt, dengan menekan tombol Windows Start, kemudian ketik CMD dan tekan tombol enter (Windows 7).
    Remote Shutdown Windows
  • Setelah muncul Command Prompt, ketik Shutdown -i untuk mengaktifkan Remote Shutdown dialog.
    Remote Shutdown Windows
  • Dari dialog Remote Shutdown, untuk memulai shutdown komputer secara remote dengan cara menentukan Nama Komputer atau IP Addres dari komputer yang dimaksud, dengan menekan tombol Add. Selanjutnya masukan daftar Nama Komputer atau IP Address (1 atau lebih) mana saja yang akan di shutdown.
    Remote Shutdown Windows
    Remote Shutdown Windows
  • Selanjutnya kita tentukan jenis proses shutdown, ada 3 pilihan yaitu:
  • - Shutdown
    - Restart
    - Annote Unexpected Shutdown (Shutdown tanpa menggunakan Event Tracker)
    Remote Shutdown Windows
  • Anda bisa memberikan peringatan kepada user atau pemakai komputer yang akan dishutdown dengan menentukan waktu (default 30 detik)
    Remote Shutdown Windows
  • Jika anda memilih selain jenis proses Annote Unexpected Shutdown, maka anda bisa menggunakan Event Tracker dengan memberi keterangan penjelasan kenapa dilakukan shutdown yang akan disimpan dalam komputer yang dishutdown. Jika suatu saat akan dilacak kapan dan kenapa dilakukan shutdown.
    Remote Shutdown Windows
  • Tekan tombol OK pada dialog, dan proses Remote Shutdown akan dilaksanakan.
Cara yang sederhana ini kadang kita kurang memperhatikan yang sebenarnya sangat kita butuhkan untuk efektifikas terhadap pekerjaan kita dan semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment